Z

LAILATUL QADAR by Sogan Batik

Ditulis pada Kamis, 09 Februari 2017 | Kategori: Artikel | Dilihat 416 kali

Image

Satu babak perjalanan hidup seorang anak manusia, dimana ketidaktauan dan kegelapan melingkupinya. Hingga sampai pada satu waktu, dalam sepertiga malam yang senyap,  bersama  kepasrahan yang berkejaran dg keputusasaan, secercah Cahaya kemilau datang dari ketiadaan.
Kilaunya menerangi setiap sudut ruangan yang berkerak , tiada suatu hal pun yang sanggup menghalangiNya.
Meluluhkan hati yang angkuh.
Tiada lagi gelap, yang tertinggal hanyalah kilau kedamaian terbalut ketaatan. 



 HIJRA Abaya

Kisah seorang anak manusia dengan perjalanan hijrahnya .
Hitam ~ adalah kelamnya masa lalu,akibat dari sedikitnya ilmu dan cahaya iman, membuat banyak dihadapkan dengan hal yang sulit dalam hidupnya. Hingga sampai pada satu Ramadhan, ditengah deraian air mata dia mengisi malam malamnya dengan Sujud sujud panjang dan pada akhirnya dg penuh kasih sayang Allah Memberikan Kemuliaan yang lebih baik dari 1000 bulan kepadanya, malam keagungan dan PengampunanNya .
Motif Parang Klithik ~ Motif klasik diciptakan oleh Raja Mataram, yang menggambarkan kelembutan,  perilaku halus dan bijaksana, namun di sini dideskripsikan sebagai gambaran shaf2 Sholat jamaah dimasjid2.
Motif Uber (Zigzag) ~ Motif Udan Berkah, dimaknai sebagai Hujan keberkahan, kemuliaan .
Putih ~ hidupnya kembali suci layaknya kertas putih tanpa noda, dia kembali menjalani hidupnya dengan senyum merekah,  sebagai manusia baru, manusia yang selalu bergantung kepada Hidayah dan belas kasih sayang Allah SWT. 


1.SYAMMAR Abaya Outer

Putih ~ Lailatul Qadar; Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru. (HR. Muslim no. 762)
5 susunan batik dengan 5 motif berbeda ;  Lailatul qadr itu terdapat pada sepuluh malam terakhir dari Ramadhan. Dan ia terdapat pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir Ramadhan. Akan tetapi ganjil itu bisa  dilihat kepada hari yang telah berlalu, maka ia dicari pada malam 21, 23, 25, 27 dan 29.
 
"Sesungguhnya Kami menurunkan (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kami yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami. Surat Ad-Dukhan ayat 3-5 
Bentuk fisik kitab Quran yang terbuka dilambangkan dengan krah bagian atas kanan dan kiri.  



 AZZALA Abaya

Image

Asal kata dari Nazzala atau Angzalna yang artinya menurunkan.
Sesungguhnya kami telah menurunkan Al Quran pada malam lailatul qadar. (QS. Al Qadr: 1)
 
Malam dimana Al Quran diturunkan dari lauhul mahfuz ke baitul Izzah di langit dunia. malam itu langit menjadi bersih, tidak nampak awan sedikitpun, suasana tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas.
 
 kemudian diturunkan kepada Rasulullah sampai lengkap selama 23 tahun, dari awal kenabian Rasulullah sampai wafat beliau.




MUBARAK Long Coat

Image

Garis garis kotak adalah masjid tanpa atap , tempat dimana RasulullahSAW dan para sahabat sujud, tiba-tiba hujan turun cukup deras. Masjid yang tidak beratap itu menjadi tergenang air hujan. Beliau basah kuyup dalam sujud. Namun sama sekali tidak bergerak. Ternyata disaat itu turun Lailatul Qadar
"Padamalam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al Qodr: 45).
 
3 motif mewakili 3 hal :
Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. (HR.Bukhari no. 1901)
Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah (QS. Ad Dukhan: 4)
Malam kemuliaan itulebih baik dari seribu bulan. (QS. Al Qadar: 3)


LAILY Abaya

 Image

5 Garis bermotif , terinspirasi dari 5 Ayat Al Quran yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril.
 
Surat Al-Alaq ayat 1-5
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah, dan Tuhan mulah Yang Maha Pemurah.
Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Komentar Pelanggan

Temukan Kami

Pembayaran

Jasa Pengiriman

Copyright by SoganBatik.com 2016. All right reserved.. Developed by Naevaweb.com