Z

Resep Tahu Cripsy Siram Cabai, Bawang, Garam

Ditulis pada Rabu, 25 Januari 2017 | Kategori: Artikel | Dilihat 876 kali

Image

Hidangan ini cukup populer di resto yang menyajikan Chinese food. Sebenarnya ini merupakan menu yang sangat sederhana, hanya terdiri atas potongan tahu goreng berbalut tepung nan crispy yang kemu dian disiram dengan tumisan bawang, cabai dan garam yang terasa asin dan gurih.Walau simple namun rasanya yang kuat dan sedikit pedas membuatnya mantap jika disantap bersama nasi hangat segunung.

Walau bumbu siramannya hanya terdiri atas tiga bahanutama yaitu cabai, bawang putih dan garam, namun memerlukan tips tertentu untuk membuat bumbu tampil remah dan cantik.

Berikut Resep dan Cara membuat :

Untuk 5 porsi

Bahan :

- 7 kotak tahu ukuran 4 x 4 cm, potong dadu ukuran 1,5x 1,5 cm, rebus dengan garam

- 2 sendok makan tepung maizena

- 1 sendok makan tepung tapioka/sagu

- 1/2 sendok teh garam

- 1/4 sendok teh merica hitam tumbuk atau merica putih biasa


Bahan siraman :

- 1 bongkah bawang putih (1 buah bawang putih utuh), kupas dan cincang halus

- minyak yang banyak untuk menggoreng bawang putih 

- 2 sendok makan margarine

- 1 sendok makan minyak

- 8 buah cabai rawit merah, cincang halus

- 5 buah cabai rawit hijau, cincang halus

- 2 buah cabai merah keriting, cincang halus

- 3 siung bawang putih, cincang halus

- 1 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh merica putih bubuk

- 1 batang daun bawang, rajang halus

Note : jumlah cabai yang digunakan bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera

Cara membuat:

1.     Siapkan tahu, cuci bersih. Masukkan tahu ke panci kecil, isi air hingga tahu terendam, tambahkan 1 sendok teh garam. Rebus hingga air mendidih. Angkat dan tiriskan tahu. Keringkan tahu dengan tisu hingga tidak basah permukaannya. Potong tahu seusai ukuran yang diinginkan.

2.  Siapkan mangkuk, masukkan tepung, garam dan merica, aduk rata. Tuangkan tahu, guncang-guncangkan mangkuk hingga tahu terlumuri tepung dengan baik.  

3.  Siapkan wajan/pan anti lengket, beri minyak yang banyak. Panaskan hingga minyak benar-benar panas. Masukkan tahu satu persatu, jangan berdempetan kala memasukkannya. Goreng tahu sampai satu sisi benar-benar kering, crispy dan matang. Balikkan dan goreng sisi lainnya hingga matang.

Note : tahu akan menempel satu sama lain ketika masih lembab dan akan terlepas ketika balutan tepung menjadi garing dan kering. Jangan balik-balikan tahu ketika masih belum kering benar karena balutan tepung akan terlepas.

 Angkat tahu dan tiriskan.

5.     Siapkan wajan, beri minyak agak banyak dan panaskan. Goreng bawang putih dalam api kecil sambil diaduk-aduk dengan cepat hingga bawang menjadi kering, crispy dan berwarna kuning coklat keemasan. Jangan berlebihan menggoreng karena bawang akan pahit rasanya, dan selalu aduk-aduk bawang agar matang merata. Angkat dan tiriskan.

6.     Dengan menggunankan wajan bekas menggoreng bawang, masukkan margarine/mentega dan 1sendok makan minyak panas bekas menggoreng bawang putih. Panaskan hingga margarine meleleh. Tumis cabai, bawang putih, garam  dan 1/2 porsi rajangan daun bawang hingga layu dan matang. 

7.     Aduk-aduk dengan cepat selama bumbu ditumis dan gunakan api kecil saja saat menumis. Ketika bumbu terlihat mulai kering, matikan api kompor. Masukkan bawang putih goreng, aduk rata. Tuangkan tahu goreng, aduk hingga rata.

8.     Tuangkan tahu ke piring atau mangkuk saji, siramkan bumbu siramannya ke permukaan tahugoreng. Taburi dengan irisan daun bawang dan sajikan panas-panas.

Jadi deh, Tahu Crispy siap santap ^_^

Source : justtryandtaste

Komentar Pelanggan

Temukan Kami

Pembayaran

Jasa Pengiriman

Copyright by SoganBatik.com 2016. All right reserved.. Developed by Naevaweb.com